DOA MENJAGA PERKATAAN


Tuhan Yesus,
Jagalah lidahku ya Tuhan,
agar setiap kata-kata yang keluar dari bibirku ini
adalah perkataan yang manis, menyejukkan hati,
menjadi berkat bagi setiap yang mendengarnya.

Aku menyadari bahwa mulut ini seringkali sulit untuk dikontrol,
terkadang tergoda untuk mengatakan gosip,
untuk mengatakan hal-hal yang buruk tentang orang lain,
mengatakan hal-hal yang menyakitkan hati orang lain.
Terlebih ketika emosi sedang meluap,
kata-kata cercaan dan makian sering terlontar tanpa dipikirkan lagi.

Ampunilah aku ya Tuhan.
Tolonglah aku agar dapat menjaga lidahku ini.
Ajar aku untuk bersikap bijak, berpikir dahulu sebelum berkata-kata,
karena setiap kata yang terlontar tidak bisa ditarik kembali.
Perkataan yang menyakitkan akan berbekas

di hati orang yang mendengarnya,
dan tidak mudah untuk dihapus begitu saja.

Saat aku sedang marah,
tolong aku ya Tuhan untuk berdiam diri sejenak,
dan tidak mengatakan apapun juga
yang mungkin dapat melukai hati orang lain.
Kiranya aku selalu mencari Engkau
dan berdoa kepada-Mu mohon agar Engkau
memberiku ketenangan dan kedamaian di hati dan pikiran,
sehingga aku tidak dikuasai oleh emosi,
dan dengan hikmat daripada-Mu dapat mengatakan hal-hal yang baik,
hal-hal yang positif yang menjadi berkat
bagi setiap orang yang mendengarnya.

Hanya kepada-Mu ya Tuhan Yesus,
aku panjatkan doa ini.

Amin.

No comments:

Post a Comment