HANYA ADA 3 HARI


1. HARI KEMARIN. Kamu tidak bisa mengubah apapun yang telah terjadi, tidak bisa menarik perkataan yang telah terucapkan, tidak mungkin lagi menghapus kesalahan dan  mengulangi kegembiraan yang kamu rasakan kemarin. Biarkan hari kemarin berlalu, Lepaskan saja.

2. HARI ESOK. Hingga mentari terbit esok hari, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi, belum bisa melakukan apa-apa untuk esok hari, tidak mungkin tahu, sedih atau ceria di esok hari. Karena esok hari belum tiba, biarkan saja.

3. Yang tersisa kini hanyalah HARI INI. Pintu masa lalu telah tertutup. Pintu masa depanpun belum tiba. Pusatkan saja diri untuk hari ini. Kamu dapat mengerjakan lebih banyak hal untuk hari ini. Bila kamu mampu melupakan hari kemarin dan  melepaskan ketakutan akan esok hari. Hiduplah HARI INI. Karena masa lalu dan masa depan hanyalah permainan pikiran yang rumit. Hiduplah apa adanya. Karena yang ada hanyalah hari ini.

Perlakukan setiap orang dengan kebaikan hati dan rasa hormat, meski mereka berlaku buruk padamu. Sayangilah seseorang sepenuh hati hari ini karena mungkin besok ceritanya sudah berganti. Ingatlah bahwa kamu menunjukkan penghargaan pada orang lain bukan karena siapa mereka, tetapi karena siapakah dirimu sendiri. Jadi, jangan biarkan masa lalu mengekangmu atau masa depan membuatmu bingung. Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

No comments:

Post a Comment