APA YANG SAYA PELAJARI DARI KEHIDUPAN?


Saya belajar…
Bahwa saya tidak dapat membuat seseorang jatuh cinta kepada saya. Yang bisa saya lakukan adalah menjadi seseorang yang dapat dicintai. Selebihnya terserah mereka.

Saya belajar…
Bahwa walaupun saya selalu memberikan kepedulian yang besar kepada setiap orang, tapi tidak semua orang akan memberikan kepedulian yang sama kepada saya.

Saya belajar…
Bahwa membutuhkan bertahun-tahun untuk membangun kepercayaan dan hanya beberapa detik untuk menghancurkannya.

Saya belajar…
Bahwa bukan apa yang saya punya, tetapi siapa yang saya punya yang penting dalam kehidupan.

Saya belajar…
Bahwa saya seharusnya tidak selalu membandingkan diri saya  dengan orang yang terbaik dalam bidangnya.

Saya belajar…
Bahwa saya dapat melakukan banyak hal secara instan, tanpa banyak pertimbangan, tetapi itu hanya akan mendatangkan kesedihan dalam kehidupan saya.

Saya belajar…
Bahwa saya membutuhkan banyak waktu untuk menjadi orang yang saya inginkan.

Saya belajar…
Bahwa saya dapat melakukan jauh lebih baik setelah saya tidak bisa melakukannya.

Saya belajar…
Bahwa saya bertanggung jawab atas apa yang saya lakukan, tak peduli apa pun perasaan saya.

Saya belajar…
Bahwa saya dapat mengendalikan sikap saya atau sebaliknya, ia yang mengendalikan saya.

Saya belajar…
Bahwa tak peduli betapa panas dan bergairahnya sebuah hubungan pada pertama kalinya, apabila gairah itu memudar, akan ada sesuatu yang lain yang akan terjadi.

Saya belajar…
Bahwa pahlawan adalah orang yang melakukan apa yang harus dilakukan ketika hal itu dibutuhkan, apapun konsekuensinya.

Saya belajar…
Bahwa uang adalah cara terjelek untuk mempertahankan sesuatu.

Saya belajar…
Bahwa bersama teman terbaik saya akan selalu dapat melakukan apapun dan selalu dapat menikmati kehidupan.

Saya belajar…
Bahwa terkadang orang yang saya anggap akan menendang saya ketika saya jatuh akan menjadi orang yang membantu saya berdiri.

Saya belajar…
Bahwa terkadang ketika saya marah, saya memang berhak untuk marah; tetapi itu bukan berarti saya punya hak untuk bertindak kejam.

Saya belajar…
Bahwa pertemanan sejati akan terus tumbuh, walaupun dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh. Demikian pula cinta sejati.

Saya belajar…
Bahwa hanya karena seseorang tidak mencintai saya seperti yang saya inginkan, bukan berarti dia tidak mencintai saya sepenuh hati.

Saya belajar…
Bahwa kedewasaan lebih banyak kaitannya dengan jenis pengalaman yang kita punya dan apa yang sudah kita pelajari darinya, bukan dengan berapa kali kita merayakan ulang tahun.

Saya belajar…
Bahwa seharusnya kita tidak memberitahu anak kecil bahwa impian-impiannya tidak akan pernah menjadi kenyataan atau terlihat aneh. Akan menjadi tragedi jika mereka mempercayainya.

Saya belajar…
Bahwa keluarga kita tidak akan selalu bersama kita. Sangat mungkin orang yang bukan keluarga kita sangat peduli dan mencintai kita dan mengajarkan pada kita untuk mempercayai orang lain. Keluarga tidak selalu bersifat hubungan biologis.

Saya belajar…
Bahwa orang yang paling kita sayangi dalam kehidupan akan terambil terlalu cepat dari kita.

Saya belajar…
Bahwa adalah hal yang berat untuk memutuskan antara bersikap baik dan tidak menyakiti perasaan orang lain dengan mempertahankan apa yang yang kita yakini benar.

Saya belajar…
Bahwa  tak peduli seberapa baik seorang teman berlaku kepada kita, dia akan sesekali menyakiti kita dan kita harus memaafkannya.

Saya belajar…
Bahwa terkadang tidak cukup untuk dimaafkan oleh orang lain. Terkadang kita harus belajar untuk memaafkan diri kita sendiri.

Saya belajar…
Bahwa walaupun keadaan hatimu sangat parah, dunia tidak akan berhenti hanya karena kesedihanmu itu.

Saya belajar…
Bahwa latar belakang dan keadaan kita bisa jadi yang telah menjadikan siapa kita, tetapi kitalah yang harus bertanggung jawab atas diri kita ini.

Saya belajar…
Bahwa hanya karena dua orang bertengkar, bukan berarti mereka tidak saling mencintai; sebaliknya, hanya karena mereka tidak bertengkar, bukan berarti mereka saling mencintai.

Saya belajar…
Bahwa kita tidak harus berganti teman jika kita paham bahwa teman akan selalu berubah.

Saya belajar…
Bahwa kita tidak seharusnya terlalu bernafsu menemukan suatu rahasia, karena ia dapat mengubah hidup kita selamanya.

Saya belajar…
Bahwa dua orang dapat melihat sesuatu dengan penglihatan yang sama persis; demikian pula sebaliknya, dua orang mungkin saja melihat sesuatu dengan penglihatan yang benar-benar berbeda.

Saya belajar…
Bahwa betapapun kita berusaha keras melindungi anak kita, mereka pada akhirnya akan tersakiti dan kita juga akan merasakan sakit karenanya.

Saya belajar…
Bahwa hidup kita dapat diubah hanya dalam hitungan jam oleh orang yang bahkan belum mengenal kita.

Saya belajar…
Bahwa ketika seorang teman minta tolong kepada kita, kita akan menemukan kekuatan untuk membantu bahkan ketika sebelumnya kita berpikir tidak ada lagi yang dapat diberikan.

Saya belajar…
Bahwa piagam-piagam kita yang tergantung di dinding tidak serta merta dapat membantu kita menjadi orang yang terhormat.

No comments:

Post a Comment