SIAPA YANG BERTUGAS MENGEPAK PARASUT ANDA?


Terkadang dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah memperhatikan sesuatu yang kita anggap tidak penting. Mungkin kita lupa berkata hello, tolong, atau terima kasih, memberi ucapan kepada seseorang atas prestasinya, memuji, atau sekadar bersikap baik pada siapa saja.
Charles Plumb, seorang lulusan akademi AL AS, adalah seorang pilot jet di perang Vietnam. Setelah menjalani 75 misi perang, akhirnya pesawatnya dihancurkan oleh sebuah misil darat ke udara. Plumb berhasil keluar dari pesawatnya dan terjun mendarat di tanah musuh. Dia tertangkap dan harus meringkuk selama 6 tahun di penjara kaum komunis Vietnam. Singkat kata, dia berhasil dibebaskan dan sekarang mengajarkan tentang pelajaran yang berkaitan dengan pengalamannya itu.
Suatu hari ketika Plumb dan istrinya sedang duduk di sebuah restoran, seorang laki-laki di meja lain mendatanginya dan berkata, “Kamu Plumb! Kamu menerbangkan jet tempur di Vietnam dari kapal induk Kitty Hawk. Kamu tertembak jatuh!” “Bagaimana kamu tahu itu?“ Tanya Plumb. “Aku yang bertugas mengepak parasutmu,” jawab laki-laki itu.
Setengah terkejut, Plumb menjabat tangannya dan mengucapkan terima kasih. Laki-laki itu semakin erat menjabat tangan Plumb dan berkata, “Aku kira parasut itu berfungsi baik.” Plumb menjawab dengan pasti, “Tentu. Jika parasutmu tidak bekerja dengan baik, aku tidak akan ada di sini sekarang.”
Plumb merenung tentang bagaimana prajurit AL itu harus menghabiskan waktu berjam-jam dengan hati-hati melipat parasut untuk memastikan bahwa parasut itu berfungsi dengan baik dan tidak mencelakakan penggunanya.
Sekarang, dalam kuliahnya Plumb seringkali bertanya pada hadirin, “Siapa yang bertugas mengepak parasut Anda?”  
Setiap orang memiliki seseorang yang menyediakan apa yang dia butuhkan untuk menjalani kehidupannya. Plumb juga menunjukkan bahwa dia membutuhkan banyak jenis parasut ketika pesawatnya tertembak jatuh di atas wilayah musuh – dia membutuhkan parasut fisik, parasut mental, parasut emosional dan parasut spiritualnya. Dia mengandalkan semua parasut ini agar bisa selamat. Pengalaman dia mengingatkan kita agar menyiapkan diri menghadapi berbagai bentuk badai kehidupan yang mungkin akan terjadi. Mulai minggu ini, bulan ini, hari ini, hargai mereka yang bertugas mengepak parasut Anda!   

No comments:

Post a Comment