KEHADIRAN ANDA BERARTI


Kemarin, 2 November 2011, Jakarta begitu mendung dan hampir sepanjang siang hari diguyur hujan. Ketika saya hendak mengisi bensin, suasana SPBU begitu padat dengan  orang-orang yang berteduh. Sesudah selesai mengisi bensin, saya dikejutkan oleh suara keras orang yang marah-marah. Ternyata itu adalah suara Satpam sedang mengomeli seseorang yang merokok di areal SPBU. Karena begitu kerasnya suara Sang Satpam dan cenderung kasar, alhasil semua orang menengok ke arah laki-laki itu. Terkejut, laki-laki itu langsung mematikan rokoknya yang masih panjang karena Sang Satpam berdiri tidak terlalu jauh dari tempat saya berada.
Saya ajak Satpam itu ngobrol. "Parah banget Pak ya, dia ngerokok sembarangan," saya memulai pembicaraan. Bukannya meresponi kalimat saya, Pak Satpam malah tertunduk dan merenung sejenak lalu berkata, "Bukan Dik, ada yang lebih parah dibandingin laki-laki itu, yaitu orang-orang  yang ngeliat laki-laki itu ngerokok,  bahkan berdiri di sebelahnya tapi gak berani negor, padahal kalo sampe SPBU ini meledak, kan semuanya ikutan mati. Kenapa harus nunggu Satpam yang negor, sungguh kesadaran masyarakat kita untu saling menjaga sangat rendah."
Kali ini saya yang terkejut mendengar kata-kata Pak Satpam. Dan kali ini saya yang tertunduk dan merenung. Sungguh, benar apa yang dikatakan Pak Satpam. Everyone has important role in this life. Bagi dirinya, keluarganya, bahkan negaranya. Ketidakpedulian kita, sama seperti orang yang tenang-tenang saja dalam kisah nyata di atas, padahal SPBU itu bisa saja meledak. Kita tidak dapat berkata, "Saya bukan siapa-siapa, biar orang pintar saja yang mengurus negara ini. " No, we can't! Karena kita dapat berbuat sesuatu, sekalipun kecil, yang dapat mencegah diri kita, keluarga kita, negara kita hancur.

So, do something. Kehadiran Anda berarti. You  can make a different to your life, your family, your society and also your nation!

No comments:

Post a Comment