9 SIKAP HIDUP BIJAKSANA



1. JANGAN KUATIR
Kekuatiran adalah penyebab aktivitas dan pikiran kita tak produktif. Berdoalah dan minta pertolongan-Nya di waktu bimbang, agar kuatir kita diubah-NYA menjadi kekuatan. (Flp. 4:6)

2. HILANGKAN KETAKUTAN
Jangan biarkan ketakutan menghambat langkah kita. Sertakan Tuhan dalam setiap langkah dan perbuatan kita, pasti tak ‘kan ada rasa takut dan kita akan berhasil. (Yes. 35:4-10)

3. JANGAN MENYIMPAN DENDAM
Dendam akan membawa kita kepada kehancuran! Lepaskanlah pengampunan dan jangan selalu mengingat kesalahan orang lain! (Im. 19:18)

4. SELALU BERPIKIR POSITIF
Selalu optimis dan berpikir positif dalam setiap kejadian apapun. Ingat, respon kita menentukan kemenangan-kemenangan kita setiap hari. (Kol. 3:13-17, Yak. 1:19)

5. SELESAIKAN SETIAP MASALAH SATU PER SATU
Hanya inilah cara menangani setiap persoalan, satu demi satu. Jika diselesaikan dalam waktu bersamaan, akan menimbulkan masalah baru bahkan lebih rumit dari masalah sebelumnya! (Ams. 25:8)

6. SEMUA MASALAH TAK PERLU DIBAWA TIDUR
Hal tersebut buruk dan sangat tidak sehat bagi kesehatan jasmani rohani kita. Biasakan tidur dengan nyaman! Serahkan semua masalah kita pada-Nya, biarkan Tuhan yang memberi jalan keluar! (Mzm. 131:2, Mzm. 4:9)

7. JANGAN HIDUP DENGAN KENANGAN DI MASA LALU
Nikmati masa lalu sebagai kenangan, namun jangan tergantung pada masa lalu. Konsentrasilah hidupmu pada kejadian saat ini, sebab perbuatan kita saat inilah yang menentukan masa depan kita! (Yes. 43:18-19)

8. JANGAN BIARKAN FRUSTASI MERUSAK DAN MENGATUR HIDUPMU
Bangkitlah dari setiap kegagalan! Jadikan kegagalan itu adalah awal yang baik untuk sukses di masa depan. (Ams. 24:16)

9. HITUNG ANUGERAH-NYA
Latih diri kita mengucap syukur selalu untuk setiap anugerah-Nya setiap hari. Jangan pernah melupakan anugerah Tuhan yang kita terima sekecil apapun. (Pkh. 5:19; Rat. 3:22)

INGAT YANG PALING UTAMA!
Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, dan mengenal Yang Maha Kudus adalah pengertian. (Ams. 9:10)

No comments:

Post a Comment