SEBUAH PERENUNGAN (14)



Banyak momen indah dalam kehidupan kita yang menjadi gagal hanya karena ketidakmampuan kita mengontrol diri. Tanpa kesadaran penuh bahwa setiap momen begitu berharga dan tidak akan dapat terulang, kita malah merusaknya hanya karena hal sepele!     
Berapa sering kita sering bersikap demikian? Sukacita kita "tukar" dengan ucapan seseorang yang mestinya jangan dihiraukan. Bertahun-tahun persahabatan dihapus hanya oleh sepuluh menit perselisihan. Bertahun-tahun kerja sama yang baik hancur oleh masalah uang sekian juta. Hubungan persaudaraan hilang hanya karena hal sepele.
Banyak hal besar dan penting tanpa sadar kita tukar begitu saja dengan hal-hal yang nilainya sebenarnya sama sekali tak sebanding. Akhirnya sering kita hanya bisa menyesal setelahnya.
Berapa banyak konflik pertengkaran yang seharusnya dapat dihindari? Berapa banyak kemarahan yang tidak seharusnya kita umbar begitu saja? Berapa banyak ucapan dan tindakan kita yang malah akhirnya menyakitkan kita sendiri, mendatangkan penyesalan dan kesedihan dalam hati sendiri?
Mari belajar mengendalikan diri kita, belajar sabar, memahami, memaklumi dan memaafkan. Jangan tukar hidup yang berlimpah berkah dengan kesialan yang kita ciptakan sendiri. Jangan tukar sukacita dan kebahagiaan hidup dengan kesedihan tak bernilai. Tukarlah dengan yang lebih bernilai, yaitu kedamaian dan keharmonisan hidup. 

No comments:

Post a Comment