BERSAHABAT, PRIA BUTA DAN PRIA TANPA LENGAN INI TANAM 10 RIBU POHON



wowkeren.com - Baru-baru ini media Tiongkok dihebohkan dengan aksi menginspirasi 2 sahabat penyandang disabilitas. Kedua pria asal Tiongkok ini adalah seorang pahlawan lingkungan karena aksi tanam pohon yang mereka lakukan.
Mereka adalah Jia Haixia dan Jia Wenqi, seorang pria buta dan satunya lagi tanpa lengan yang telah menjalin persahabatan selama 10 tahun terakhir. Meski keduanya cacat fisik, namun aksi mereka membuat semua orang terkejut.
Aksi mereka ini dimulai dari tahun 2011 saat keduanya memutuskan untuk menyelamatkan desa dari banjir. Kedua sahabat ini pun berhasil menyelesaikan misinya. Dengan saling kerja sama, keduanya berhasil menanam 10 ribu pohon selama 14 tahun.
Hanya dengan membawa palu dan sebuah tongkat besi, setiap hari kedua sahabat ini pergi meninggalkan rumahnya pada jam 7 pagi. Di saat harus menyeberangi arus sungai yang cukup deras, Wenqi yang tak memiliki lengan akan menggendong Haixia di punggungnya.
Atas semua usaha yang telah dilakukan selama ini, kedua pria disabilitas itu sudah menanam hingga 10 ribu pohon. Mereka juga tidak memiliki rencana untuk berhenti menanam pohon.
"Meski selama puluhan tahun tidak banyak yang kami hasilkan, tapi kami mengakui semua usaha kami," kata Haixia. "Kami berdiri di atas kaki sendiri. Buah yang kami tanam dari kerja keras kami hasilnya lebih manis. Walau kami cuma bisa makan roti kukus, tapi hati kami selalu damai," ujar Wenqi. (wk/kr)

http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00105311.html

No comments:

Post a Comment