KERBAU KORBAN HOAX


1. Sehabis pulang dari sawah, kerbau rebahan di kandang dengan wajah capek dan nafas yang berat. Datanglah anjing. Kerbau lalu berucap: "Ah teman lama, aku sungguh capek dan besok mau istirahat sehari."
2. Anjing pergi dan jumpa kucing di sudut tembok, dan berkata: "Tadi saya jumpa kerbau, dia besok mau istirahat dulu. Pantaslah, sebab bos kasih kerjaan terlalu berat sih."
3. Kucing lalu cerita ke kambing dan berkata: "Kerbau protes bos kasih kerja terlalu banyak & berat. Besok gak mau kerja lagi."
4. Kambing jumpa ayam dan berucap: "Kerbau gak suka kerja untuk bos lagi, sebab mungkin ada bos lain yang lebih baik."
5. Ayam jumpa monyet dan berkata: "Kerbau gak akan kerja untuk bosnya dan ingin cari kerja di tempat yang lain."
6. Saat makan malam monyet jumpa bos dan berkata: "Bos, si kerbau akhir-akhir ini sudah berubah sifatnya dan mau meninggalkan bos untuk kerja dengan bos lain."
7. Mendengar ucapan monyet, bos marah besar dan membunuh si kerbau karena dinilai telah mengkhianatinya.
.
Ucapan asli kerbau: "SAYA SUNGGUH CAPEK, DAN BESOK MAU ISTIRAHAT SEHARI." Lewat beberapa teman akhirnya ucapan ini sampai ke bos dan pernyataan kerbau telah berubah menjadi: "Si Kerbau akhir-akhir ini telah berubah sifatnya dan mau meninggalkan bos untuk kerja dengan bos lain."

Sangat baik untuk disimak:
• Ada kalanya suatu ucapan harus berhenti (stop) sampai telinga kita saja. Tidak perlu diteruskan ke orang lain.
• Jangan percaya begitu saja apa yang dikatakan orang lain, meskipun itu orang terdekat kita. Kita perlu cek & ricek kebenarannya sebelum bertindak.
• Kebiasaan melanjutkan perkataan orang lain dengan kecenderungan menambahi/mengurangi, bahkan menggantinya berdasarkan PERSEPSI SENDIRI bisa berakibat fatal.
• Ibarat sebuah ungkapan, "Jika kita titip uang, mustahil uang itu akan bertambah; namun jika kita titip omongan, biasanya akan dilebih2kan".
• Bila ragu-ragu akan ucapan seseorang yang disampaikan via orang lain, sebaiknya kita langsung bertanya pada yang bersangkutan. Bila ingin menyampaikan sesuatu kepada orang lain, baiklah juga memakai 3 kriteria yang harus dipenuhi:
- Apakah benar?
- Apakah baik?
- Apakah berguna?
Bila semua jawabannya "YA", sampaikanlah!

No comments:

Post a Comment